Harapbagi.blogspot.com

Wednesday, April 24, 2013

cara membuat blog gratis dengan mudah dan cepat di blogger


Pada pembahasan kali ini sekaligus merupakan postingan pertama saya di blog ini akan membahas mengenai bagaimana cara membuat blog secara gratis, mudah dan cepat di blogger. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa blogger merupakan salah satu situs raksasa yang berperan besar dalam dunia blogging di dunia. Untuk  bisa membuat blog pribadi di blogger secara gratis dan mudah sebenarnya itu mudah jika anda sudah tau bagaimana caranya dan apa saja yang harus dilakukan saat membuat blog. Dahulu sebuah blog berfungsi sebagai wadah untuk kita berbagi informasi kepada orang lain dan bahkan digunakan untuk kita menulis buku harian secara online. Saat ini seiring dengan perkembangan zaman sudah banyak perubahan yang dialami oleh blog, mulai dari fungsinya hingga tujuan dari dibuatnya blog itu sendiri.

Sebenarnya di internet terdapat banyak sekali tempat atau situs yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah blog namun pembahasan kita kali ini akan terfokus tentang bagaimana cara membuat blog di blogger. Alasan memilih blogger sebagai platform blog yang saya pilih kali ini adalah karena blogger memiliki fitur yang sangat lengkap serta diberdayakan oleh situs nomor satu di dunia yaitu google inc.

Sebelum membuat sebuah blog ada beberapa hal yang harus anda perhatikan di bawah ini:

Alamat blog: Sebelum memulai membuat blog, pikirkan terlebih dahulu alamat blog apa yang ingin anda buat. Harap diperhatikan bahwa alamat blog anda nantinya akan berakhiran dengan blogspot.com, misalkan anda menentukan blog baru anda dengan alamat BLOGBARU, maka nantinya blog anda akan memiliki alamat blogbaru.blogspot.com
Tema blog: Perhatikan pula tema yang ingin anda buat untuk blog anda, misalkan anda ingin membuat blog dengan tema keindahan alam maka usahakan agar alamat blog anda sesuai dengan tema yang anda buat. Anda bisa saja memberi alamat blog anda dengan alam-indah.blogspot.com atau alamat lain yang mungkin anda sukai.
Platform blog: Saya sarankan untuk menggunakan blogger karena mudah untuk dikelola, tidak membutuhkan anda mengetahui kode html, memiliki fitur yang sangat lengkap dan yang paling penting dapat anda nikmati secara gratis. Dengan blogger pula anda bisa memuat berbagai iklan di blog anda sehingga bisa menambah penghasilan tambahan untuk anda.

Setelah semua persiapan diatas sudah anda pikirkan secara matang-matang tibalah saatnya bagi kita untuk masuk ke bagian inti dari artikel ini yakni bagaimana cara membuat blog gratis di blogger.com. Tips dan trik membuat blog gratis ini juga bisa anda bagikan ke teman atau orang lain yang anda kenal dengan cara membagikannya melalui facebook dan twitter. Cara mudah membuat blog gratis dengan cepat:

Langkah pertama, berhubung kita akan membuat blog dengan platform blogger jadi silakan kunjungi situs resmi blogger di blogger.com atau dengan cara klik link ini blogger.com (saya sarankan untuk dibuka ditab baru).
Setelah anda masuk pada situs blogger tentunya anda akan kebingungan jika tidak saya bimbing, untuk itu silakan perhatikan gambar dibawah ini yang menjelaskan apa yang harus anda lakukan.


Kemudian setelah klik sign up anda akan dibawa ke halaman formulir pendaftaran, isikan semua data dengan benar terutama nomor telepon (nomor HP) karena akan digunakan untuk proses verifikasi. Isikan semua data dengan benar untuk memudahkan anda dalam mendaftar adsense suatu saat nanti jika anda membutuhkan.


Setelah semuanya anda isi lalu klik next step atau submit, kemudian anda akan masuk pada step verifikasi akun menggunakan nomor telepon. Nah seperti yang saya katakan diatas jika anda memasukkan nomor telepon dengan salah berarti akun anda gagal untuk dibuat namun jika anda memasukkan nomor telepon dengan benar dan jujur maka anda bisa menggunakannya untuk verifikasi. Untuk melakukan verifikasi ada 2 cara yakni menggunakan panggilan telepon atau menggunakan SMS, pilihlah yang menggunakan SMS saja karena akan lebih mudah.

Silakan klik continue kemudian cek HP anda, tunggu beberapa detik dan akan ada SMS dari google yang memberi tau kode verifikasi anda. Gunakan kode tersebut untuk memverivikasi akun anda pada halaman seperti gambar di bawah ini:


Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh google, biasanya terdiri dari angka dengan jumlah 6 digit. Setelah kode anda masukkan klik Continue dan akun anda telah selesai dibuat, namun anda masih belum memiliki sebuah blog. Untuk bisa memiliki sebuah blog silakan lanjutkan membaca artikel ini. Setelah klik Continue anda akan dibawa ke halaman pengaturan tampilan akun anda, untuk yang satu ini dilewati saja (skip), perhatikan gambar di bawah ini:

Pada halaman dengan tampilan seperti pada gambar di atas silakan klik Next step, kini akun anda telah selesai dibuat. Lanjut dengan klik next step akan muncul notifikasi yang mengatakan bahwa akun anda telah selesai dibuat, seperti gambar di bawah ini:


Anda taukan apa yang harus anda lakukan jika menemui halaman seperti gambar di atas? Yang harus anda lakukan adalah klik Back to Blogger, kemudian anda akan dibawa ke halaman blogger. Disanalah anda bisa membuat blog gratis anda, ingat ya membuat blog di blogger itu gratis, mudah dan sangat penuh dengan fitur bisa saya katakan blogger merupakan platform blog terbaik menurut saya. Setelah klik Back to Blogger anda akan dibawa ke halaman blogger seperti di bawah ini:


Silakan klik New blog seperti gambar di atas kemudian anda akan dibawa lagi ke halaman baru tempat anda mengisikan alamat blog dan judul blog yang anda inginkan. Seperti yang telah saya katakan diatas anda harus sudah memikirkan alamat dan tema blog yang ingin anda buat. Isi alamat dengan alamat blog yang anda inginkan dan isi judul blog dengan tema blog anda. Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini:


Sekarang pembuatan blog telah selesai dan anda telah memiliki sebuah blog dengan tema dan alamat blog yang anda miliki secara gratis dan mudah. Saya sangat berharap agar artikel ini membantu anda dan bisa menambah wawasan saya sendiri. Jika artikel ini kurang lengkap atau masih menimbulkan kebingungan mohon komentarnya di kolom komentar dibawah, komentar anda adalah semangat bagi saya.
Rating: 4.5

3 comments:

  1. Makasih tutorialnya, Sangat bermanfaat untuk memastikan apa yang telah saya lakukan sudah benar. kebetulan baru buat blog.

    ReplyDelete

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!