Harapbagi.blogspot.com

Monday, May 13, 2013

panduan lengkap cara membuat facebook baru


Facebook, siapa sih yang belum mengenal kata ini? Facebook sebagai salah satu situs yang paling banyak diakses didunia (nomor 2 setelah google) merupakan salah satu situs yang sangat populer dan fenomenal. Sebagai salah satu situs jejaring sosial diantara situs jejaring sosial lain yang sekelas (seperti twitter), facebook mampu membuat para penggunanya untuk betah dan berlama-lama menggunakannya. Saking bagusnya daya tarik yang diterapkan oleh facebook, bahkan teman saya ketika meminjam Laptop saya dia langsung menggunakannya hanya untuk membuka facebook.

Sebagai situs yang besar, facebook juga membutuhkan sumber daya yang sangat besar pula. Facebook yang mulai di luncurkan di Indonesia tahun 2004 ini pada tahun 2012 saja sudah memiliki 1 milyar pengguna aktif. Bayangkan berapa server yang dibutuhkan facebook untuk tetap mempertahankan situs mereka bisa diakses oleh 1 milyar orang tersebut. Dibalik pendanaan yang sangat besar dalam situs facebook, situs ini juga menghasilkan uang yang sangat banyak, pada tahun 2011 saja menurut data yang saya baca dari wikipedia, facebook mendapatkan $ 3,71 miliar.

Sejarah singkat berdirinya facebook
Facebook merupakan termasuk situs yang berjalan dalam lingkup jejaring sosial. Pertama diluncurkan tahun 2004, facebook langsung memikat hati para penggunanya. Facebook yang dimiliki oleh facebook, inc ini memiliki peringkat alexa nomor 2 didunia. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersamaan dengan teman satu kamarnya. Pada awalnya situs ini hanya ditujukan untuk mahasiswa Harvard saja namun kemudian semakin diperluas dan saat ini sudah Go Internasional.

Cara membuat akun facebook baru bagi pemula.
Langkah pertama kunjungilah situs facebook di www.facebook.com
Kemudian silakan masukkan data pengisian formulir pendaftarannya, untuk lebih jelasnya saya telah menyediakan gambar yang saya lengkapi dengan nomor. Isikan data anda sesuai nomor dan penjelasan di bawahnya:


Keterangan gambar sesuai dengan nomor yang tertera:
  1. Isikan nama awalan anda, misalkan nama saya adalah Dedi styawan jadi saya mengisinya dengan Dedi.
  2. Isilah dengan nama akhiran anda, misalnya nama saya adalah Dedi styawan jadi saya mengisinya dengan Styawan. Jika anda memiliki nama tengah anda bisa mengisinya dengan nama tengah dan nama akhiran anda.
  3. Isikan alamat email aktif anda, harap diperhatikan anda harus menggunakan alamat email aktif dan masih bisa digunakan. Jika anda belum memiliki alamat email saya telah menyediakan panduan cara membuat email dengan mudah, baca panduan membuat email dengan mudah dan cepat disini.
  4. Konfirmasi atau ketik ulang alamat email yang anda masukkan pada poin 3.
  5. Ketikkan sandi yang anda inginkan, buatlah sandi yang mudah di ingat namun hanya anda saja yang tau. Sandi ini akan anda gunakan untuk log in ke facebook nantinya.
  6. Pilihlah tanggal lahir anda, misalkan tanggal lahir saya adalah 19 desember 1995 maka saya mengisinya seperti pada gambar poin 6 diatas.
  7. Pilihlah jenis kelamin anda, jika anda seorang laki-laki pilihlah dengan memberi bulatan pada laki-laki.
  8. Klik Mendaftar
Setelah klik mendaftar kemudian ikuti langkah-langkah sesuai gambar dibawah ini:
Setelah klik mendaftar anda akan diminta untuk import data dari kontak email yang anda miliki, sebaiknya pada langkah ini dilewati saja. Untuk melewati langkah ini silakan klik lewati langkah ini, seperti pada gambar dibawah ini:


Kemudian pada langkah yang kedua anda akan diminta untuk memasukkan data SMA, Perguruan tinggi, dan tempat tinggal anda. Masukkan semua data dengan benar kemudian klik simpan dan lanjutkan.

Masih pada langkah dua anda akan diberi tawaran oleh facebook dengan menambahkan beberapa teman yang mungkin anda kenal. Jika anda mengenal salah satu dari mereka silakan klik tambahkan sebagai teman, namun jika tidak mengenal salah satu dari mereka silakan klik lewati.

Kemudian pada langkah ketiga anda akan diminta untuk mengunggah foto. Pada langkah ini silakan unggah foto yang anda miliki, sebaiknya upload foto anda sendiri supaya teman-teman anda mudah menemukan anda di facebook. Sebagai contoh saja lihatlah gambar di bawah ini, saya menggunakan foto asli:


Silakan klik simpan dan Lanjutkan, sampai disini anda telah selesai membuat sebuah akun baru di facebook.

Untuk memulai menggunakan facebook anda harus menambahkan teman, apa sih yang dimaksud dengan teman di facebook? Untuk memperjelasnya saya akan membahas secara khusus apa yang dimaksud dengan teman dan apa fungsi memiliki teman di facebook.

Teman dan Fungsinya di facebook
Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari, dalam facebook juga terdapat yang namanya teman. Di facebook teman merupakan orang yang bisa melihat profil anda, bisa mengirim pesan ke anda, bisa melihat sesuatu yang anda bagikan (disebut status), bisa melihat koleksi foto anda dalam facebook. Jadi jika anda belum memiliki teman di facebook itu berarti saat anda membuat status belum ada orang yang bisa melihat status tersebut (kecuali status publik). Dengan teman pula anda bisa mengirimkan chat (sejenis SMS) secara gratis ke semua teman yang anda miliki di facebook.

Cara menambahkan teman di facebook
Masuk pada facebook dan ketikkan nama teman yang ingin anda tambahkan. Misalnya saja saya memiliki seorang teman, dia sudah memiliki facebook dan saya ingin berhubungan dengan dia difacebook maka pada kotak pencarian saya ketik namanya dan akan muncul sugesti dari facebook seperti gambar di bawah ini:


Nah silakan klik teman yang anda kenal dan klik tambahkan sebagai teman. Jika anda menambahkan seseorang menjadi teman maka orang tersebut akan menerima pemberitahuan dari facebook. Isi pemberitahuan tersebut adalah konfirmasi apakah orang tersebut ingin menerima anda sebagai teman atau tidak. Jika anda sudah di konfirmasi menjadi temannya maka anda bisa melihat statusnya, bisa melihat koleksi fotonya, bisa melihat apa yang dia tulis didalam dinding dan bisa melihat informasi pribadinya. Harap diperhatikan bahwa tidak semua orang menggunakan nama asli di facebook, untuk itu tanyalah kepada orang yang ingin anda tambahkan sebagai teman. Misalnya saja anda menanyakan ke sahabat anda, apa nama facebooknya kemudian baru menambahkannya sebagai teman.

Cara mengganti informasi pribadi di facebook
Jika anda sebelumnya salah saat mendaftar misalnya nama anda adalah Wulan namun anda salah menuliskan Ulan saat mendaftar, hal seperti ini masih bisa diperbaiki tanpa harus mendaftar ulang di facebook. Untuk mengedit nama, tanggal lahir dan hal-hal informasi privasi lainnya anda bisa membaca tutorial lengkapnya yang telah saya sediakan dalam cara mengganti nama dan tanggal lahir facebook disini.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas waktunya untuk membaca ... !
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!