Harapbagi.blogspot.com

Sunday, November 10, 2013

Contoh (cara) resensi buku


Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan resensi itu? Resensi adalah sedikit ulasan (cuplikan) mengenai nilai sebuah hasil karya yang bisa berupa buku, majalah, novel, film, komik, dll. Namun kebanyakan resensi adalah resensi buku. Saat membuat sebuah resensi buku hal yang kita lakukan adalah memberikan penilaian berdasarkan tahapan-tahapan yang telah kita lakukan, penilaian tersebut menyangkut bagaimana kualitas buku t yang telah di lihat dari beberapa aspek tersebut. Biasanya resensi buku digunakan untuk memberi tahu para pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan sebuah buku baru.

Identitas dari buku
Judul                            : ..........
Penulis                         : ..........
Penerbit                       : ..........
Tahun terbit                 : .........
Tebal/jumlah halaman   : .........

Penggunaan Bahasa
Apakah bahasa yang digunakan dalam buku tersebut menggunakan bahasa yang baik, sopan dan mudah untuk dipahami? Perhatikan juga bagaimana kelancaran penggunaan bahasa pada buku tersebut. Apakah buku tersebut menggunakan bahasa yang berbelit-belit atau menggunakan bahasa yang simpel, dan lain sebagainya.

Ikhtisiar isi buku (Ringkasan buku)
Pada bagian ini di isi dengan ringkasan cerita dalam buku yang hendak di resensi. Ringkasan cerita harus memberikan gambaran kepada pembaca tentang keseluruhan isi buku yang di resensi. Biasanya ringkasan buku bisa anda lihat pada bagian "sinopsis buku" yang terletak di cover belakang buku. Jika anda tidak menemukan sinopsis pada bagian belakang cover buku, anda bisa membuat sinopsis sendiri dengan membaca keseluruhan isi buku kemudian menuliskan ulang inti dari isi buku tersebut.

Kelebihan dan kekurangan buku
Pembuat resensi diharuskan untuk memberikan penilaiannya terhadap kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam buku tersebut. Penulis resensi juga harus menyertakan alasan yang logis terhadap penilaian yang ia berikan. Alasan yang diberikan harus obyektif dan jangan menggunakan alasan yang bersifat subjektif.

Kesimpulan
Setelah melalui beberapa tahapan di atas kini bagian akhir dari resensi adalah kesimpulan. Pada bagian ini berisi mengenai penilaian sang peresensi terhadap buku yang di hadapinya. Penilaian ini mencakup saran (masukan) dan atau kritik yang membangun. Perhatikan gaya bahasa yang digunakan dalam buku, keseluruhan isi cerita apakah layak untuk dibaca atau tidak, kandungan pesan yang terdapat dalam buku apakah bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari atau justru membawa efek negatif bagi kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi.


Dahulu untuk bisa belajar mengenai resensei buku yang baik dan benar haruslah dengan mengunjungi toko buku atau semacamnya, namun kini dengan kemajuan teknologi contoh resensi buku yang baik dan benar sudah banyak terdapat di internet. Selain itu jika anda merasa contoh resensi buku yang anda dapatkan disini kurang baik atau kurang benar anda bisa mencari contoh resensi buku di situs lain. Artikel ini belum tentu akan kebenarannya, anda bisa membandingkan artikel ini dengan artikel senada di situs lain. Terimakasih telah membaca!
Rating: 4.5

1 comments:

  1. Wah... artikelnya menarik mas... bermanfaat sekali mas. bisa saya gunakan untuk mengulas buku2 novel Gramedia ini. cocoklah pokokke. thanks before gan.

    ReplyDelete

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!