Harapbagi.blogspot.com

Saturday, November 30, 2013

Cara membuat wifi/wireless/hotspot menggunakan modem dan laptop windows 7


Sebenarnya cara menjadikan laptop atau notebook menjadi wifi merupakan cara yang kuno dan banyak orang yang telah tau. Namun tak ada salahnya juga jika saya menulis ini, dengan harapan masih ada orang yang belum tau dan mencari informasinya di internet. Untuk menjadikan laptop kamu sebagai wifi atau hotspot sebenarnya sangat mudah, bahkan sekarang ini sudah banyak software-software yang bertebaran untuk menjadikan laptop sebagai wifi. Namun taukah anda bahwa sebenarnya tanpa software sekalipun windows (khususnya windows 7) telah dilengkapi dengan panel untuk berbagi jaringan (wifi)? Jika kita menggunakan software khusus, maka bisa menyebabkan komputer menjadi lambat (baca cara mempercepat kinerja komputer/laptop disini), untuk itu kali ini kita akan menggunakan cara manual saja.

Manfaat dengan menjadikan laptop sebagai wifi sangat banyak, anda bisa berbagi jaringan internet ke teman sehingga teman lain juga bisa facebookan (membuat status berwarna biru), twitteran, ngeblog dan bahkan mengirim email. Dengan demikian kan anda bisa mencari kenalan baru didunia maya entah itu mencari cowok yang cinta anda atau mencari cewek yang cinta anda, dengan menggunakan laptop anda sebagai wifi juga akan menghemat energi dan akhirnya bisa memperlambat terjadinya global warming deh,, hehehe. Kembali lagi ke judul artikel, untuk menjadikan laptop sebagai wifi ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. Jika salah satu atau banyak dari beberapa ini tidak anda penuhi maka kemungkinan besar anda akan gagal menjadikan komputer/laptop anda sebagai wifi. Apa saja beberapa hal tersebut, mari perhatikan dibawah ini:

1. Modem yang terkoneksi ke Internet
Hal pertama yang harus anda miliki adalah sebuah modem. Anda tidak diharuskan untuk menggunakan modem merek tertentu, anda bebas untuk menggunakan modem merek apa saja seperti: esia, smartfren, telkomsel, xl, axis, indosat, flexi dan modem-modem yang lain. Selain modem anda juga harus memiliki koneksi internet. Maksudnya anda harus memiliki modem namun modem tersebut bisa digunakan untuk mengakses internet. Jadi modem yang digunakan sebaiknya di paketkan internet dulu supaya biaya koneksi internetnya lebih murah.

2. Komputer/laptop/notebook yang memiliki wifi
Jaman sekarang hampir semua laptop/notebook telah menyediakan fitur wifi didalamnya. Bahkan akhir-akhir ini juga terdapat komputer yang telah dilengkapi dengan wifi. Untuk yang satu ini saya yakin bahwa laptop yang anda gunakan sudah ada wifinya, kecuali anda menggunakan laptop versi jadul. Jadi tentukanlah apakah laptop anda terdapat wifinya atau tidak.

3. Laptop/notebook/komputer dengan OS (operating system) windows 7
Meskipun hal ini tidak wajib namun tutorial kali ini saya sajikan untuk anda pengguna windows 7. Jadi jika anda menggunakan OS lain, misalnya saja windows XP atau windows 8 anda masih tetap bisa mengikuti tutorial ini namun saya tidak menjamin akan berhasil. Meskipun demikian anda bisa mencobanya dengan OS lain selain OS windows 7 dengan harapan akan berhasil pula.

4. Wifi/wireless harus berada dalam posisi on
Untuk bisa menjadikan laptop anda sebagai hotspot anda harus mengaktifkan wireless dalam laptop anda. Untuk cara menghidupkan wifi/wireless anda bisa membaca dibagian bawah artikel ini.

Setelah semua yang diperlukan telah disediakan kini tiba saatnya untuk membahas bagaimana cara menjadikan laptop menjadi hotspot. Dengan menjadikan laptop sebagai hotspot tentunya teman-teman anda akan bisa ikut menikmati internet secara bersama-sama. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Penting: silakan koneksikan modem anda ke internet terlebih dahulu, setelah itu silakan klik start => control panel, tampilan dari control panel pada windos 7 adalah seperti gambar dibawah ini (silakan klik gambarnya untuk memperbesar dan memperjelas):


2. Perhatikan pada kolom pencarian yang terletak disamping pojok kanan atas, di sanalah anda harus menuliskan ADHOC, sehingga nanti jadinya akan seperti gambar dibawah ini (sekali lagi klik gambarnya untuk memperjelas):



3. Kemudian anda harus klik bagian set up an ad hoc (computer-to-computer) network, silakan lihatlah sesuai pada bagian yang saya beri kotak berwarna merah dibawah ini: setelah bagian yang berwarna merah diklik maka akan muncul pop up yang di dalamnya terdapat beberapa settingan mengenai wireles dan ad hoc. penjelasan lengkapnya ada di bawah berikut ini:

4. Kemudian akan ada pop up yang berisi mengenai setingan wireles dan ad hoc, untuk mempermudah langsung saja klik next seperti pada gambar dibawah ini:















5. Kemudian akan ada permintaan untuk memberi nama dan tipe proteksi dari hotspot yang ingin di buat. Isi saja nama dengan kesukaan anda, misalnya saja sebagai contoh saya mengisi namanya dengan harapbagi.blogspot.com kemudian pada bagian proteksi saya memilih no authentication (open) (artinya tidak diberi password) seperti dibawah ini kemudian klik next.


6. Kemudian pada langkah terakhir adalah mengaktifkan hotspot yang anda buat, caranya adalah klik turn on Internet connection sharing setelah itu silakan klik close. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan yang saya beri kotak merah dibawah ini:


7. Jika sampai disini anda menemui kegagalan, misalnya mucul tulisan windows could not set up harapbagi.blogspot.com berarti anda belum mengaktifkan wifi, untuk cara menghidupkan wifi bisa anda baca di akhir artikel ini. Jika anda berhasil sampai disini anda sudah bisa membagikan koneksi internet anda melalui jaringan wifi atau dengan kata lain anda telah berhasil menjadikan laptop menjadi wifi/hotspot. Cara untuk mengetahui apakah wifi benar-benar sudah bisa digunakan atau belum melalui klik icon wifi dan disana akan ada nama jaringan baru yang anda buat, kalau punya saya namanya adalah harapbagi.blogspot.com seperti dibawah ini (pertama klik iconnya kemudian lihat jaringan yang baru saja anda buat):



Bagaimana cara menggunakannya wifi ini?
Nah sekarang setelah selesai membuat wifi dengan menggunakan laptop dan modem tibalah pertanyaan bagaimana cara menggunakannya? Cara menggunakannya mudah, yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan laptop/notebook lain yang jaraknya tidak lebih dari 30 feet (30 kaki) dari laptop yang anda jadikan sebagai wifi. laptop yang berada di jarak tersebut akan mendeteksi adanya wifi dan dapat menggunakannya untuk berinternetan.

Bila cara ini gagal?
Meskipun kemungkinana gagal hanya sedikit namun bisa juga gagal, beberapa hal yang membuat cara ini gagal diantaranya adalah:
  • Anda tidak menggunakan OS windows (terutama windows 7)
  • Modem anda tidak memiliki paket internet (atau tidak terkoneksi dengan internet)
  • Anda belum mengaktifkan wifi
  • Laptop anda tidak mendukung perangkat wifi
Cara Menghidupkan Wreless/wifi
Khusus bagi yang wifinya masih dalam keadaan off, anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu karena bila tidak diaktifkan maka nanti akan muncul pesan seperti ini:
Nah itu merupakan pertanda bahwa wifi anda belum di aktifkan, untuk cara mengaktifkan wifi bisa menggunakan tombol fn+gambar jaringan (gambar sinyal) atau melalui start => control panel =>windoes mobility center, atau dengan cara yang lebih mudah yakni dengan klik start => control panel => kemudian pada kolom pencarian ketikkan windows mobility center. Lihatlah gambar dibawah ini:


Silakan ubah posisi wireless dari off menjadi on, dan anda telah selesai menghidupkan wifi. Sekarang mulailah dengan menjadikan laptop anda menjadi wifi dengan mengikuti tutorial diatas.

Terimakasih atas waktunya untuk membaca ... !
Rating: 4.5

110 comments:

  1. Replies
    1. Maaf sob untuk di HP memang belum saya uji coba dikarenakan saya tidak memiliki perangkat HP yang memiliki wifi, jadi saya mohon maaf tidak bisa membantu.

      Delete
    2. saya coba bisa. jangan pake password

      Delete
    3. kok tetap gk bisa sih mba nya kok bisa karena apaan ??

      Delete
  2. kalo buat windows 8 ada caranya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk windows 8 saya tidak tau karena saya menggunakan windows 7, tapi coba aja menggunakan cara ini pada windows 8 siapa tau berhasil.

      Delete
    2. maaf om untuk windows8 ADHOC nya tidak ada di pc ku
      kira2 gimana ya?

      Delete
    3. windows 8 setau saya tidak bisa buat Ad Hoc ( pengalaman gaming nge LAN )

      Delete
  3. ada cara buat windows 8 ga sob?

    ReplyDelete
  4. saya udah coba tapi pas step ke 6 gak ada tulisan turn on internet connection sharing. Biasanya ada tapi kemaren pas saya coba lagi kok gak ada ya malah jadi no internet access pas di connect. Tolong bantu ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, komputer yang digunakan sudah tersambung ke internet belum? Untuk menyambungkannya bisa menggunakan modem, dan yang pasti harus modem yang ada pulsanya/paketannya

      Delete
    2. sudah, saya memakai modem kabel dan masih bisa menjalankan internet seperti biasa tapi saat saya ingin membuat wifi malah no internet access dan tidak tersambung ke ipod saya

      Delete
    3. no interet access itu peringatan di laptop atau di ipodnya? Satu lagi laptop yang digunakan untuk wifi juga harus memiliki perangkat wifi. Untuk lebih jelasnya mungkin sobat bisa memberikan screeshot kepada saya, barang kali saya bisa membantu.

      Delete
    4. Bos dedi saya punya masalah yang sama dgn "ekaluciussy" ini link gambarnya (mohon bantuannya) https://www.facebook.com/photo.php?fbid=658633374171450&set=a.592768654091256.1073741826.100000743801296&type=1&relevant_count=1&ref=nf

      Delete
  5. buat bb juga gak bisa ya mas..

    ReplyDelete
  6. saya pke tipe WEP ama WPA2 trdeteksi sih sama tablet saya,tp kok gak bisa di pake online ya???cma nama wifinya aja yg tersimpan tp gk bisa terhubung..mohon pencerahan gan.thk

    ReplyDelete
  7. Kok saya search di Control Panel "ADHOC" ketemu..terus saya klik yang tulisan kecil itu malah tulisannya "The Windows Wireless Service Is Not Running ?? gmn ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan itu driver wifi (wireless) nya sob, coba instal ulang drivernya

      Delete
    2. Driver Wifi ? gmn tu cara install ulang nya ? maklum pemula hehe...

      Delete
    3. Sebelum ini bisa digunakan untuk wifi ga sob? Misalnya aja internetan menggunakan wifi.

      Biasanya kalau driver wifi belum terinstal/korup, wifi tidak bisa digunakan.

      Delete
    4. Koq pas udah di buat wifi nya malah ngga bisa konek dari hp gmn ya ???

      Delete
  8. Kok turn wereless on nya gk bisa diklik ya kak?

    ReplyDelete
  9. data sih receive , tapi paket nya ga ke send satu pun, gimana dong?

    ReplyDelete
  10. Setelah stepke 6 berhsil step 7nya malah keluar bacaan Windows could not set up Internet conection sharing (ICS)? Gmn niiih?

    ReplyDelete
  11. bro, kalau buat wifian, selain pake laptop bisa gk, misal pake tablet , atau smartphone, saya dah coba pake tablet tapi koq tabletnya gk mau detect ya, mohon sarannnya

    ReplyDelete
  12. buat di wifi hp ngak bisa,,,,,saya dah coba,,,tp kl di laptop bisa

    ReplyDelete
  13. wah kok pakek HP gak bias gan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat HP saya memang belum coba, tapi mas Ahong Man diatas sepertinya sudah mencobanya.

      Delete
  14. apakab bisa jaringan wifi cdma diakses oleh tablet yg hanya pakai kartu jaringan gsm

    ReplyDelete
  15. apakah bisa wifi yang memakai jaringan cdma diakses oleh tablet yang hanya memakai jaringan gsm

    ReplyDelete
  16. kok gak bisa gan cara buatt jaringan Wireles internet y...
    pada hal wifi nya adaa, didukung wifi nya notebook saya.... tetap zha gak bisa
    giman ne gan???

    ReplyDelete
  17. buat di laptop kok gak ada sinyalnya ya

    padahal udah deket sama note book yg saya buat wifi

    ReplyDelete
  18. kalo di semarpon bisa. kereeen nih. usahakan dong gan. ane perlu updet android nih

    ReplyDelete
  19. ada tulisan windows could not caranya gmana

    ReplyDelete
  20. Klo di hp android kok gak bisa ya gan ???

    ReplyDelete
  21. ko di hap BB ga ada ? gmna sob?

    ReplyDelete
  22. gan kalo make windows xp bisa gak?

    ReplyDelete
  23. waktu saya coba, pas terakhir saya klik yang ada kata-kat sharing-nya, terus ada kalimat "you don't have enough privileges to configures internet connection sharing" terus saya coba di tablet saya gk bisa inertetan

    Please help me.......

    ReplyDelete
  24. Terima kasih, tips nya bermanfaat, untuk yang pasti bisa di deteksi smartphone/tablet, coba gunakan software internal, contoh nya menggunakan conectify :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksdny gmn gan mnggunkn conectify?

      Delete
    2. maksudnya gmn gan menggunakan software internal?

      Delete
  25. sip...siiip.....siiiiip.......terimakasih ya...

    ReplyDelete
  26. Gan,saya mau nanya. Di IPOD sya sudah ada nama koneksi nya,tpi setelah saya masukan kodenya. Tiba tulisannya sperti ini"Unable to join the network" itu kra2 knpa ya gan? Mhon bimbingannya

    ReplyDelete
  27. ini cuma sebagai wifi dai pc to pc aja kan ya..

    ReplyDelete
  28. kok ane ga keluar turn on internet connection sharing ya mohonn dibalas cepat

    ReplyDelete
  29. Makasih Sob ........... triknta berhasil

    ReplyDelete
  30. makasi atas informasinya sob.........

    ReplyDelete
  31. Saya biasanya berhasil, tapi dua hari ini tahap 6 tidak ada bagian recommended turn on Internet connection sharing-nya. Apa yang harus saya lakukan ya? Networknya bisa terdeteksi, tapi ada tulisan no internet connection. Mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  32. wifiku gak bisa aktif...
    gk bisa diklik turn on wifi...
    gimana kirim jawaban ya ke andreasa160@gmail.com
    atau wechat andreas_malau

    ReplyDelete
  33. kok ngaktifi wifiku gak bisaya
    mau klik turn on wifi yang gak bisa....
    gimana cara hidupinya ?
    balas ke andreasa160@gmail.com
    wechat = andreas_malau

    ReplyDelete
  34. mengapa setelah saya ikuti kok ga ada sinyalnya ya Min....mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  35. gan kok ane ga bs ya ??
    terus yang aneh di laptop ane gambar nomor 6 ga ada tuh
    baru wifi sudah aktif tapi wktu saya klik kanan di wifi buatan ane baru ane klik status , paketnya jalan tapi received nya ga mau ,, ane ga bs pake wifinya pencerahan gan

    ReplyDelete
  36. gan... pnya ane bisa sih gan ampe langkah k 6... tpi kagak ada tulisan Turn On Internet Conection Sharing nya....

    ReplyDelete
  37. bagi sebagian orang ini memang kuno, tapi bagi saya ini ilmu yg baru dan bermanfaat, trimakasih postingannya gan

    ReplyDelete
  38. Mas bro, maaf kok di gadget saya (android) gak deteksi ya ?

    ReplyDelete
  39. Replies
    1. Tinggal di disconect atau dimatiin aja wireles lan-nya

      Delete
  40. knp saat ane mw on kan wireless ny tulisanny bgini "no display connection" ??

    ReplyDelete
  41. Berarti ndak bisa dari PC ke Smartphone gan?
    soalnya kalo di windows 8 bisa gan,!

    ReplyDelete
  42. di tahap akhir pas klik turn on internet connection sharing lalu muncul windowscould not set up internet connection sharing (ICS),,,,,mohon pencerahan nya Gan.....TKS.

    ReplyDelete
  43. roni@ hidupkan wifinya dulu baru setting.

    gan, punya ane, kok waiting terus.. gak connect2..

    ReplyDelete
  44. ini gk bsa di pakai buat internet ya

    ReplyDelete
  45. kalo windows 8 gmn bikin bikin host buat LAN.nya gan???

    ReplyDelete
  46. gk ke detect WIFInya di android ane , aneh

    ReplyDelete
  47. kenapa gak ke detect wifinya di hp sama tab saya ya?

    ReplyDelete
  48. kenapa wifinya gak kedetect di hp sama tab saya ya?

    ReplyDelete
  49. gan cara merubah wifi nya ke on bagaimana gan

    ReplyDelete
  50. gan cara ngubah posisi wireless dari off ke on

    ReplyDelete
  51. gan cara mengubah posisi wireless dari off menjadi on gmana

    ReplyDelete
  52. mau nanya dong, itu kan buat bikin wifi dari modem, tapi nanti cara matiinnya (modemnya gak di jadiin wifi lagi), caranya gimana? makasih

    ReplyDelete
  53. maaf ini mungkin pertanyaan menggelitik, apakah hotspot wifi laptop tsb bisa di pakai/ terdetek di smartphone gan??
    thanks sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama pertanyaan nya...
      di tunggu jawaban nya om admin...
      thqyu om..

      Delete
  54. Ini ada cara yang lebih gampang dengan Virtual Router Plus
    http://infocoolgadget.blogspot.com/2014/02/cara-merubah-laptop-jadi-hotspot.html

    ReplyDelete
  55. hotspot yang kita buat,,bisa di pasang password,,?

    ReplyDelete
  56. saya sudah pernah coba dan bisa, namun akhir-akhir ini kok gabisa ya sobb? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  57. terimakasih ilmunya :) work 100%

    ReplyDelete
  58. gan ini hotspot khusus laptop ke laptop ya?soalnya saya buat masuk ke android tuh gabisa connect makasih gan mohon penjelasannya :)

    ReplyDelete
  59. wifi y udah di aktifin gan tapi kga conect2 jga jaringan y kga ada.. .

    ReplyDelete
  60. Kga bisa konek2 gan jaringan y kga ada..

    ReplyDelete
  61. kok wireless saya gak bisa on ya???
    apa karna keseringan pake' modem?

    ReplyDelete
  62. kalo mau menonaktifkan gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau menonaktifkannya tinggal tekan fn+f3/gambar sinyal lalu tekan of

      Delete
  63. nuhun pisan gan, membantu banget informasinya

    ReplyDelete
  64. terimakasih atas informasinya gan

    ReplyDelete
  65. maaf ini hotspot yang telah saya buat tidak tampil pada hp. gimana solusinya? terimakasih.

    ReplyDelete
  66. aku ora bisa....HIDUP ORA BISA..............

    ReplyDelete
  67. bisa juga,tapi hp gak bisa deteck

    ReplyDelete
  68. mas ko ga bisa terpindai yah di handphone padahal udah conect di modem tapi pas liat rinciannya no signl gitu

    ReplyDelete
  69. kok di laptop saya tidak ada turn on internet connection sharing seperti punya agan... padahal saya juga menggunakan windows 7

    ReplyDelete
  70. gan smuanya sudah dibuat yg di windows mobility center juga sudah on, cman gak ad sinyal, modem juga sudah ada pulsa, it gmn ya gan.mohon infony, thx,

    ReplyDelete
  71. gan smuanya sudah dibuat yg di windows mobility center juga sudah on, cman gak ad sinyal, modem juga sudah ada pulsa, it gmn ya gan.mohon infony, thx,

    ReplyDelete

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!