Harapbagi.blogspot.com

Wednesday, December 18, 2013

Tips sebelum membuat makalah


Makalah merupakan sebuah karya akademis yang biasanya diterbitkan dalam jurnal ilmiah serta membahas suatu permasalahan pokok (niche) tertentu. Dalam membuat sebuah makalah tidak serta merta jadi, melainkan harus dipelajari dahulu bagaimana cara membuat makalah yang baik, bagaimana cara membuat makalah yang benar dan apa saja yang harus terdapat dalam makalah.

Kali ini mari kita bersama-sama membahas apa saja yang harus dipersiapkan dalam membuat sebuah makalah. Bagaimana cara membuat makalah yang informatif dan tentu saja anda bisa dengan mudah untuk membuatnya. Tips sebelum membuat makalah:

1. Tentukan topik yang akan ditulis
Jika ana dibebaskan untuk membuat makalah dengan topik bebas (bisa memilih) maka tentukanlah topik yang sekiranya telah anda pahami atau anda pernah terjun secara langsung ke topik tersebut. hal ini sangat penting karena jika anda memilih topik yang sama sekali tidak anda mengerti maka anda akan menemui banyak kesulitan dalam pembuatan makalah tersebut.

2. Gaya bahasa yang digunakan
Tentukan juga gaya bahasa apa yang akan anda gunakan, secara umum makalah sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Jadi jangan gunakan bahasa Indonesia gaul dan Alay yang sekarang ini sedang menjamur dimana-mana.

3. Mencari sumber referensi
Pada bagian ini anda bisa menemukan referensi dari banyak sumber, salah satu sumber yang sangat luas adalah internet. Namun ketahuilah bahwa referensi dari internet belum bisa di validasi kebenarannya, untuk itu jika anda ingin menggunakan referensi dari internet sebaiknya mencari informasi dari situs-situs besar seperti wikipedia bahasa Indonesia guna meminimalisir kesalahan informasi.

4. Memperhatikan hal-hal berikut ini
Dari segi bahasa sendiri sebagaimana yang sudah saya uraikan diatas sebaiknya menggunakan bahasa yang baik serta benar atau bisa dikatakan sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Selain itu perhatikan pula bagian tata letak kalimat, paragraf dan juga halaman. Misalnya jika anda membahas Sapi maka bahaslah mulai dari warna sapi, bentuk sapi, berat sapi baru sampai ke organ dalamnya. Anda juga dituntut untuk membuat makalah yang singkat padat namun jelas, hal ini memang sedikit sulit untuk dilakukan namun jika anda berusaha keras saya yakin anda bisa.

5. Saling berkaitan
Pernahkah anda memiliki sebuah buku dimana antara halaman 1 dengan halaman yang lain saling bertolak belakang? Misalnya halaman 1 mengatakan bahwa tanggal 17 Agustus 45 Indonesia merdeka, namun pada halaman yang lain dikatakan bahwa Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 45? Hal seperti ini yang seharusnya anda hindari, buatlah uraian yang masing-masing uraian saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Dengan demikian para pembaca tidak akan mengalami kebingungan atas apa yang anda tulis.

Baiklah demikian yang dapat saya tulis, semoga tips sebelum menulis makalah ini bisa membantu anda. Pada dasarnya keyakinan membuat semuanya terasa mudah, dan semua yang mudah itu bisa dikerjakan dengan mudah pula. Yakin  anda bisa dan yakin Allah akan membantu anda, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!