Harapbagi.blogspot.com

Sunday, January 12, 2014

Cara mempercepat koneksi modem smartfren yang lelet


Smartfren anti lelet, begitulah kiranya selogan dari operator smartfren, salah satu operator internet dengan teknologi CDMA terbesar di Indonesia. Sukses dengan berbagai produk gadget yang di besutnya, smartfren menggandeng vendor China Hisense untuk memasarkan berbagai produk gadget, kini sudah ada banyak gadget smartfren bertebaran di pasaran mulai dari yang harganya 600 ribu hingga yang jutaan, harga ini termasuk harga yang miring dengan gadget kaya fitur yang akan di dapatkan.

Sayangnya semangat gempur smartfren untuk memasarkan produknya, kurang di imbangi dengan perbaikan layanan koneksi internet yang memadai. Dari sisi pelanggan internet yang menggunakan modem, banyaknya gadget yang dijual smartfren kini jelas akan membuat koneksi internet semakin lelet. Hal ini tidak akan terjadi jika smartfren selain gempar memperomosikan produk juga memperbaiki kualitas layanan, seperti penambahan bandwidth, memperluas jaringan evdo rev A/B didaerah tertentu yang belum tercover dengan jaringan tersebut, atau dengan membuat koneksi internet yang lebih stabil supaya terkesan pengalaman pelanggan yang memuaskan.

Masalah smartfren yang utama menurut saya adalah:
Sering eror
Jadi selain lelet smartfren itu juga sering eror, saya pernah mengalami 3 hari tanpa koneksi internet, hal ini bukan karena saya tidak memiliki pulsa atau belum membeli paket internet melainkan karena smartfren sedang eror. Saat smartfren eror biasanya kita tidak bisa mengakses situs yang di hosting di luar negeri, masalah utamanya adalah sebagian besar situs itu di hosting di luar negeri, bahkan facebook dan Google juga di hosting di luar negeri. Eror semacam ini selalu saya alami setiap bulannya, jadi paling tidak ada 2-3 hari yang tidak bisa digunakan untuk koneksi internet dalam satu bulannya. Saat ini saya tidak tau apakah hal ini masih sering terjadi atau tidak mengingat sekarang saya sudah beralih ke modem GSM.

Kenapa smartfren bisa lelet?
Sebenarnya lelet atau cepatnya suatu koneksi internet itu bukan 100% salah operator penyedia jasa layanan internet saja, ada banyak faktor yang memperngaruhi diantaranya:

1. Jaringan
Jaringan yang terjangkau di kota anda sangat mempengaruhi bagaimana kecepatan koneksi internet yang akan anda dapatkan. Misal jika anda hanya mendapatkan signal 1X maka jangan berharap akan mendapatkan kecepatan seperti daerah lain yang terjangkau signal evdo rev A/B.

2. Modem yang digunakan
Modem yang digunakan pun juga berpengaruh, hendaknya saat membeli modem bagian utama yang di perhatikan pertama kali adalah bagian download dan upload. Modem dengan download 3.6 Mbps akan kalah dalam kecepatan dengan modem yang downloadnya mencapai 7.2 Mbps, namun sekali lagi hal ini bergantung signal jaringan di kota anda.

3. Tempat
Hal ini saya juga kurang yakin, namun saya berusaha untuk menceritakan apa yang saya alami. Saat saya berada di lingkungan sekolah, dimana disana terdapat hotspot wifi, dan juga koneksi Lan, tiba-tiba koneksi internet menjadi sangat lambat. Jadi mungkin saja wifi atau hotspot itu juga mempengaruhi koneksi internet, namun saya tidak tau pastinya.

Cara mempercepat koneksi internet smartfren
Cara mempercepat koneksi modem smartfren disini diartikan sebagai berikut: Anda membeli paket internet smartfren dengan kecepatan 1 Mbps, dengan banyaknya pengguna di daerah anda seharusnya anda bisa menikmati kecepatan setidaknya (misalnya) 700 Kbps, namun karena smartfren lelet anda hanya mendapatkan 600 Kbps, nah kini bagaimana supaya anda bisa mendapatkan 700 Kbps tersebut?

Menggunakan Open DNS Google
cara yang simpel, namun mungkin hasilnya tidak akan begitu terlihat. Gunakan DNS Google:
Buka modem smartfren: Klik option => profile management => edit salah satu profil yang tersedia => advanced => bagian DNS pilih static => masukkan DNS primary 8.8.8.8 dan secondary 8.8.4.4, untuk lebih jelasnya bisa lihat tutorialnya dengan gambar melalui tautan berikut: mempercepat internet smartfren.

Memperbaiki jaringan signal di tempat anda
Nah seperti yang saya katakan diatas bahwa kekuatan utama kecepatan koneksi internet terletak pada signal yang terjangkau di tempat anda tinggal. Kini bagaimana anda bisa mendapatkan signal yang kuat dan stabil serta mendapatkan signal dengan kecepatan data akses tinggi seperti evdo rev A/B. Jika ditempat anda hanya terjangkau jaringan 1X, maka wasalam anda tidak mungkin mendapatkan koneksi internet yang cepat. Untuk mengakalinya anda bisa menggunakan trik penguat sinyal, di internet sudah ada banyak yang membahasnya mulai dari menggunakan kabel pemanjang USB (saya juga pake ini), dan menggunakan wajan bolic. Untuk membaca artikel selengkapnya mengenai bagaimana cara memperkuat signal smartfren silakan klik tautan berikut: cara memperkuat jaringan signal smartfren

Beralih ke paket dengan kecepatan akses lebih tinggi
Seperti yang saya bilang tadi bahwa leletnya koneksi internet bukan semuanya salah dari operator penyedia jasa koneksi internet, melainkan juga bisa dari beberapa faktor seperti yang telah saya sebutkan diatas. Selain faktor-faktor diatas masih ada lagi satu faktor lain, yakni paket internet yang anda beli. Misalnya anda membeli paket internet dengan kecepatan download maksimal 500 Kbps maka ya jangan berharap bisa mendapat kecepatan 1 Mbps. Hanya ada satu cara, yakni dengan membeli paket baru yang kecepatannya lebih tinggi.

Beralih ke GSM
terakhir cara yang paling simpel dan manjur adalah dengan berganti operator ke GSM atau operator CDMA yang lain. Hal ini juga saya lakukan, karena saya sudah tidak tahan lagi dengan smartfren. Dulu tertarik pake smartfren karena kata teman-teman smartfren bagus dan juga murah, tapi kini setelah tau kayak gini akhirnya terpaksa harus beli modem baru lagi

Terakhir, sebenarnya smartfren itu mahal atau murah?
Saya bingung baca-baca di forum-forum tiap kali ada yang tanya kenapa smartfren lelet? Pasti banyak yang jawab, karena murah masak minta yang cepet. Padahal saya beli paket internet smartfren Rp 49 ribu, cuman dapet 2 GB setelah itu koneksinya kaya siput. Bayangin aja dengan operator lain seperti Three beli perdana AON 47 rb dapat 5 GB full speed selama 1 tahun, saya juga sudah membandingkan dengan operator lain dan menurut saya justru smartfren yang paling mahal dan paling lelet. Sekian semoga artikel singkat ini bisa membawa manfaat bagi anda yang membaca ini.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!