Harapbagi.blogspot.com

Tuesday, May 13, 2014

Perbandingan Android VS Symbian


Beberapa pengguna smartphone saat ini masih membandingkan android vs symbian yang dulu pernah digunakan melalui handphone nokia miliknya. Sebagian pengguna yang sudah panatik dengan nokianya yakin symbian tidak mudah terkena virus dibandingkan sistem operasi yang lain. Pada dasarnyabukan masalah bagus dan tidaknya sebuah sistem operasi yang di gunakan di Smartphone, berawal dari kebutuhan akan sebuah ponsel seringkali tidak terlalu memperhatikan sistem operasinya. Sehingga membuat para pengguna menyadari setelah membeli perangkat ponselnya. Smartphone tidak hanya digunakan untuk bermain Game, SMS dan Telepon saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan dan asisten pribadi yang membantu kinerja sehari-hari.

Sebenarnya siapakah yang lebih unggul antara android vs symbian? Tentu kita harus pelajari terlebih dulu baru bisa memberikan kesimpulan. Symbian memiliki kelebihan tidak terlalu boros dengan sumber daya baterai, sehingga penggunaan baterai lebih efesien. Symbian jauh lebih stabil dan kinerja aplikasinya jauh lebih baik dari Android karena di buat menggunakan Bahasa Pemrograman seperti : Java ME, Web Runtime (WRT), Symbian C++,dan masih banyak lagi. Sehingga membuat aplikasinya beragam lebih banyak daripada Android. Symbian memiliki sejarah yang membuat penggunanya akan teringat selalu, hingga saat ini berbagai aplikasi yang dimiliki symbian tidak kalah dengan Android. Saat ini Symbian Belle sudah mengalami perkembangan lebih baik dari Symbian sebelumnya. Nokia memiliki banyak dukungannya seperti Ovi Maps, GPS,Ovi Store,dan masih banyak lagi. Kualitas produk dan teknologinya membuat Nokia unik dan berbeda dengan Vendor lain.

Android bersifat open Source namun masih di bawah kendali Google dan bila dibandingkan dengan Symbian 3, Anna Belle sudah open Source dimana kelebihannya bisa menjalankan 64 aplikasi sekaligus karena symbian merupakan OS Smartphone yang ringan.Misalnya dengan CPU Single Core 1GHz dan RAM 512MB bisa melakukan Multitasking banyak aplikasi, bila dibandingkan Android dengan CPU 1GHz Dual Core dan RAM 1G terkadang bisa Close Aplikasi dan masih bisa kita jumpai. Dengan popularitas android saat ini symbian kurang banyak diminati, padahal symbian berinovasi dan berkembang. Tentu kembali pada konsumen yang membuat kesimpulan mana yang lebih unggul setelah membandingkan android vs symbian yang sudah ada saat ini.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!