Harapbagi.blogspot.com

Wednesday, April 01, 2015

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas


Cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas. Bahan bahan bekas atau bahan bahan yang dianggap sebagai sampah tidak selamanya hanya akan menjadi barang yang menyebabkan adanya pencemaran lingkungan, akan tetapi bahan bekas yang dianggap sebagai sampah juga bisa dijadikan sebuah barang yang bermanfaat atau memiliki nilai guna lagi, dari yang tadinya tidak bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari setelah diolah sedemikian rupa jadi bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari. Bahan bahan bekas seperti kardus, kaleng, botol, kain perca dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dengan berbagai macam jenis. Untuk mengolah bahan bekas menjadi suatu kerajinan di butuhkan adanya kreatifitas dan ide yang cemerlang agar hasil kerajinan yang didapatkan menarik dan bagus.

Ada berbagai macam cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas. Cara untuk membuatnya berbeda beda antar kerajinan yang satu dengan kerajinan yang lain. Hal itu tergantung pada kerajinan apa yang akan dibuat. Pada artikel ini akan saya bahas tentang cara memanfaatkan kaleng bekas untuk membuat sebuah lentera yang cantik. Anda dapat memanfaatkan kaleng bekas susu yang ada di sekitar lingkungan anda untuk membuat lentera, dari pada kaleng itu terbuang begitu saja. Lentera-lentera yang dihasilkan bisa anda letakan di halaman depan rumah anda agar telihat lebih indah dan juga lebih romantis.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membuat kerajinan tangan lentera ini, silahkan simak artikel ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam membuat sebuah lentera. Di bawah akan saya jelaskan cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas berupa sebuah lentera cantik . Sebelum anda memulai untuk membuat lentera, terlebih dahulu anda harus menyiapkan bahan yang diperlukan. Bahan yang dibutuhkan adalah kaleng bekas, lilin, cat, paku, kawat, dan palu.

Cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas berupa sebuah lentera yang canti adalah, pertama anda harus membersihkan kaleng yang akan dibuat lentera,. Bersihkan kaleng tersebut dari label ataupun stiker yang terdapat pada kaleng. Usahakan berhati-hati dalam membersihkan stikernya agar tidak merusak bentuk kaleng. Setelah kaleng itu anda bersihkan lalu anda harus membuang tutup kaleng yang ada pada bagian atas saja. Setelah tutup bagian atas terbuka lalu anda harus mengisi kaleng itu dengan menggunakan air bersih. Letakan kaleng yang berisi air pada freezer sampai air berubah menjadi es. Setelah air berubah menjadi es angkatlah kaleng tersebut dan buatlah lubang pada dua sisi bagian atas untuk memasang gantungan. Setelah itu anda bisa menghias kaleng tersebut dengan menggunakan bantuan paku dan palu yang sudah tersedia. Anda bisa membuat ukiran berupa lubang kecil dengan bentuk menyerupai sebuah tulisan, gambar ataupun model lain yang anda suka. Setelah kaleng selesai di desain, biarkan hingga es yang ada pada kaleng berubah menjadi air lagi, setelah itu buanglah seluruh air yang terdapat didalam lentera itu hingga lentera kering. Setelah lentera kering anda bisa memasang gantungan pada dua lubang yang sudah dibuat. Setelah gantungan terpasang anda bisa mulai mengecat lentera itu dengan warna kesukaan anda. Biarkan hingga cat itu kering. Setelah cat kering anda bisa memasukan sebuah lilin pada lentera itu dan lentera siap digantung untuk memreindah malam rumah anda. Bagaimana? Mudah bukan untuk membuatnya. Selamat mencoba.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!